Wednesday, March 18, 2009

Formation of Oyster Board

Formation of Oyster Board

PEMBENTUKAN
PENGURUS DAN DEKLARASI OYSTER


SABTU, 7 MARET 2009
GEDUNG SERBA GUNA
RUKUN WARGA 07
JALAN PENYU, BUAH BATU, BANDUNG

Pada hari Sabtu tanggal 7 Maret 2009 bertempat di Gedung Serba Guna Rukun Warga 07 jalan Penyu, Buahbatu Bandung, Oyster menyelenggarakan acara Pembentukan Pengurus Oyster dan Deklarasi Oyster. Penyelenggaraan acara ini dalam rangka mengukuhkan kembali keberadaan Oyster dan memberikan wadah berorganisasi bagi warga di jalan Kerang dan lingkungan sekitarnya dalam bentuk Forum Komunikasi.

Tentunya organisasi berbentuk forum komunikasi ini diharapkan dapat menampung aspirasi dan potensi para anggotanya dari berbagai bidang terutama berkaitan dengan sumber daya manusia. Sebagian besar anggota Oyster berharap bahwa keberadaan Oyster harus lebih berkembang dan lebih dikenal eksistensinya, maka melalui Deklarasi Oyster-lah salah satunya yang dapat memberikan momentum eksistensi tersebut.

Formation of Oyster Board A

Kepanitiaan dalam Pembentukan Pengurus Oyster dan Deklarasi Oyster ini diketuai oleh Dedi Sudrajat Caromalela, sedangkan Kang Maulana Iskandar sebagai Koordinator dari Tim Formatur Pemilihan Ketua Oyster. Sebelumnya kepanitiaan ini telah melakukan konsolidasi, baik dengan para anggota maupun dengan para Pendiri dan Perintis Oyster (di antaranya Kang Erry Achmad Basyari, Kang Dodi Solahudin dan Kang Arief Komara Moeloek). Melalui beberapa pertemuan dan diskusi yang cukup panjang, maka akhirnya ditentukanlah tema acara tersebut di atas, sesuai dengan falsafah, visi dan misi, serta latar belakang keberadaan Oyster. Di dalam tema acara pun tidak dikesampingkan landasan pemikiran dari beberapa anggota Oyster yang turut serta dalam runtunan pertemuan sebelumnya.

Pada acara ini telah terpilih secara aklamasi Ketua Oyster yang baru, yaitu Sopiyandi, SE. Pada kesempatan tersebut Ketua Oyster terpilih membacakan Deklarasi Oyster yang isinya mengandung kesepakatan bersama dan berkomitmen dalam suatu wadah komunitas Oyster meliputi tujuh hal yang intinya terdiri dari :

  1. Independen
  2. Pemberdayaan Potensi Sumber Daya Manusia dan Ekonomi
  3. Olah Raga dan Rekreasi
  4. Pendidikan dan Spiritual
  5. Sosial Kemasyarakatan dan Lingkungan Hidup
  6. Budaya dan Kesenian
  7. Identitas.

Rincian isi dari Deklarasi Oyster tersebut secara jelasnya akan dibahas pada postingan selanjutnya. Di akhir acara dilakukan penandatanganan Pataka Deklarasi Oyster oleh seluruh anggota Oyster yang berperan sebagai Deklarator.

Formation of Oyster Board B

Formation of Oyster Board C

Acara ini dihadiri kurang lebih 200 undangan yang terdiri dari sesepuh dan perintis Oyster, jajaran pengurus Rukun Tetangga serta Rukun Warga di lingkungan sekitar jalan Kerang, generasi muda Oyster dan juga dihadiri oleh Ketua Organisasi Masyarakat Buah Batu Corps Mama Tarmana Satiaputra.

Formation of Oyster Board D

Dengan terselenggaranya Pembentukan Pengurus dan Deklarasi Oyster, maka organisasi ini akan menghadapi tantangan dalam mengoptimalkan potensi dan aspirasi anggotanya. Sesuai berjalannya waktu dan sepanjang Oyster dapat memberikan solusi bagi anggotanya, maka akan mengkristalkan organisasi ini menjadi sebuah wadah komunikasi yang dibutuhkan masyarakat terutama dilingkungan Kerang dan sekitarnya di mana Oyster berdiri. Semoga...

Terima kasih banyak diberikan kepada Pengurus Rukun Warga 07 Kelurahan Turangga, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung atas fasilitas dan sarana yang disediakan sehingga acara dapat berjalan dengan lancar.

Foto-foto kegiatan ini dapat dilihat di halaman Oyster Gallery.

Catatan Dedi Sudrajat C dan Ahmad Ridwan

1 comments:

Anonymous said...

Membentuk manusia yang tangguh yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar,bagi kota Bandung,bagi negara tercinta Indonesia.Dimulai dari lingkungan kita sendiri,berbuat dari yang hal hal yang kecil tapi bisa bermanfaat buat diri sendiri dan lingkungan....itulah OYSTER.

Post a Comment